Monday, November 22, 2010

Inilah 10 Tips Bisnis Internet

Inilah 10 Tips Bisnis Internet Menyongsong Tahun Baru 2010Bagaimana cara memulai bisnis internet ? Apa saja yang perlu saya siapkan? Apa langkah pertama yang harus diperbuat? bagaimana agar saya bisa sukses ?

Inilah pertanyaan-pertanyaan umum yang banyak dilontarkan oleh para pemula di bisnis internet. Tidak perlu malu… saya pun dulu mengalami kebingungan yang sama saat mengawali bisnis internet ini. Kok bisa internet menghasilkan uang. Pikir saya waktu itu bagaimana mungkin kotak monitor komputer itu mengeluarkan uang, apa fungsinya bisa seperti mesin ATM waktu mengeluarkan duit. :)

Jangan tertawa. Itu dulu bagi saya rasanya hampir dikatakan tidak masuk akal. Tapi setelah tahu caranya dan menemukan formulanya rasanya semua bayangan kemustahilan yang sedikit membayang langsung sirna. Pemahaman saya terhadap bisnis internet menjadi sangat jelas. Tidak rumit tapi sederhana, dan yang terpenting
terbukti MENGHASILKAN!

Nah kali ini saya ingin berbagi dengan anda semua soal tips bisnis internet. Tips-tips ini sangat umum. Mungkin beberapa di antara anda sudah sering mendengarnya. Tapi poinnya mungkin bukan pada berapa sering kita mendengarnya,

Silakan disimak inilah 10 tips bisnis internet di tahun 2010.

  1. Jalankan bisnis internet yang membuat anda enjoy melakukannya. Karena kalau anda menikmati apa yang anda lakukan, anda pasti tidak keberatan untuk melakukannya sesering dan selama mungkin. Sebaliknnya kalau bisnis internet yang anda lakukan terasa membebani anda, atau anda tidak enjoy melakukannya, pasti anda tidak bisa maksimal menjalankannya. Cari dan jalankan bisnis internet yang membuat anda enjoy dan menikmatinya.
  2. Temukan kebutuhan pasar dan penuhilah. Mungkin anda sudah bosan mendengarnya, tapi memang inilah sebenarnya inti dari bisnis. Ketika anda bisa memenuhi kebutuhan pasar yang lapar, bisnis internet anda akan sukses. Dimana ada problem di sana peluang bisnis internet muncul.
  3. Pilih produk atau layanan yang menghasilkan keuntungan berlipat. Hanya kalau bisnis internet anda memperoleh keuntungan yang memadai, bisnis internet anda bisa berkembang. Sebab untuk tumbuh anda perlu investasi. Untuk melakukan investasi anda butuh uang, dan dari keuntungan yang memadai anda bisa investasikan itu guna mengembangkan sayap bisnis internet anda.
    Dari keuntungan bisnis internet anda juga bisa giat beriklan, anda bisa bayar pegawai, dan membiayai pengeluaran lainnya. Karena ini namanya bisnis, maka jangan andalkan gratisan. Karena jika gratis tidak ada duit yang berputar, singkatnya jangan harap terima hasil besar dari yang namanya gratis.
    Jadi pada intinya bisnis internet anda butuh menghasilkan keuntungan agar bisa berkembang. Dan untungnya di internet, menghasilkan keuntungan bisa dilakukan dengan sangat gampang bahkan di hari pertama peluncuran produk anda.
  4. Catat pengeluaran dengan baik. Namanya bisnis segala pengeluaran harus tercatat. Karena itu hitung selalu pengeluaran bisnis internet anda. Jangan sampai lebih besar pasak dari pada tiang. Kalaupun kebesaran pasak, mengutip humor Mas Ridianto di sini “Anda bisa memperkecil pasak, atau memperbesar tiang…ataauu. ..ga usak pake pasak, tapi dipaku aja!” :D
  5. Sebarkan pesan marketing secara cepat. Anda bisa gunakan viral marketinguntuk mempercepat penyebaran pesan marketing.
  6. Promosi kontinu. Konsumen tidak akan datang kalau anda diam diri saja. Untuk mendapatkan konsumen anda harus menjemput mereka agar datang kepada anda. Promosi secara gencar dan beri pelayanan optimal menjadi kuncinya.
  7. Jalin kerjasama yang baik dengan partner anda. Kepada para partner bisnis, anda harus terapkan kerjasama yang saling menguntungkan. Karena tidak ada bisnis yang mampu berdiri sendiri tanpa dukungan pihak lain, harus terjadi win-win partnership.
  8. Kuasai keyword anda. Bagi terutama anda yang mengandalkan search engine sebagai ladang traffik, wajib kuasai keyword yang berhubungan dengan bisnis anda. Tidak perlu menguasai segala macam keyword. Cukup kuasai keyword yang berhubungan dengan bisnis anda saja. Bagi misalnya yang bergelut di bisnis sepatu seperti misalnya kampungsepatu.com kuasai misalnya keyword “sepatu grosir”, “toko sepatu”, dan lainnya.
  9. Butuh proses. Jangan hanya berharap dalam 5 menit uang tiba-tiba membanjiri anda. Tetap perlu proses untuk melakukannya dan kalau anda mau tekun ACTION saya percaya segala usaha, waktu dan uang yang anda keluarkan bakal terbayar.
  10. Selalu buka pintu peluang kedua. Jangan pernah terpaku hanya dari satu bisnis. Ketika bisnis internet pertama yang anda jalankan sudah mantap, segera luncurkan bisnis kedua. begitu kedua jalan, jalankan yang ketiga, dan begitu seterusnya. Sebab kalau anda hanya bergantung pada satu jenis bisnis atau satu produk saja, ketika suatu saat misalnya bisnis internet anda itu mengalami kemunduran, saat itulah anda baru akan bersiap-siap membuat bisnis baru. Karena itu sebelum terlambat selalu buka peluang bisnis internetbaru untuk masa depan anda.

Semoga 10 tips di atas bisa berguna untuk anda terapkan di bisnis internet tahun 2010. Sampai jumpa tahun depan. Secara pribadi dan atas nama tim saya mohon maaf yang sebesar-besarnya bila dalam interaksi selama ini ada yang kurang menyenangkan. Semoga ke depan segala kekurangan bisa diperbaiki

No comments:

Post a Comment